LiterasiMediaSosial.id

Terima kasih untuk mengunjungi literasimediasosial.id!

Tolong masukan nomor telepon anda untuk mendapatkan pulsa sebesar IDR 10,000

Pengubahan foto

Dalam pelajaran sebelumnya, kita telah mempelajari bahwa foto dan video dapat dimanipulasi dengan mudah untuk menipu, sehingga kita mempercayai sesuatu hal yang tidak benar. Mari kita bahas bentuk lain dari manipulasi: foto yang telah diubah untuk memutarbalikkan kebenaran. Contohnya, foto atau meme yang mengandung tulisan palsu. Kita akan pelajari bagaimana caranya memeriksa apakah suatu foto atau meme telah diubah.

Pelajarilah gambar berikut yang juara kontes fotografi Nikon Singapura di tahun 2016.

meme7

Namun, jika dilihat dengan lebih teliti, kita bisa lihat bahwa foto tersebut palsu. Salah satu pengikut Nikon di Facebook telah menunjukkan kepalsuan fotonya sebelum Nikon!

meme7

Lalu, bagaimana kita tahu ketika suatu foto telah diubah?

1. Kita bisa memulai dengan menggunakan teknik Berhenti, Bertanya, Sebutkan!
Berhenti: Sebelum meng-klik like atau membagikan/share suatu foto, jedalah untuk sesaat.
Bertanya: Apa yang dirasakan ketika melihat foto ini? Gembira, marah, bingung, atau lainnya?
Sebutkan: Ucapkan emosi yang anda rasakan!

2. Kemudian, carilah bagian foto yang nampak janggal. Apakah bayangan-bayangannya pada tempatnya? Bila ada symbol atau tanda, bahasa apakah yang digunakan dalam tulisannya?

3. Terakhir, kita bisa melakukan pencarian gambar terbalik (reverse image search) dengan menggunakan perangkat lunak seperti Tineye untuk mencari foto orisinalnnya.

Benarkah orang itu berkata demikian?

Jenis lain dari pengubahan foto yang harus diwaspadai adalah meme berbasis teks. Semua orang bisa mengambil suatu gambar dan mengeditnya dengan teks buatan, atau dengan kata-kata yang tidak pernah dikatakan oleh individu dalam foto tersebut.

meme7

Bagaimana cara menyelidiki hal tersebut?

Jika kita ingin memverifikasikan atau membuktikan suatu kutipan dalam sejarah atau dari berita terkini, langkah pertama yang baik adalah menelusuri kutipannya dengan Google dan cek apakah kata-katanya pernah dikatakan oleh individu tersebut. Jika kutipannya berbahasa Inggris, kita dapat menggunakan Quote Investigator. Situs web tersebut mengandung sumber-sumber dari semua kutipan yang terdapat sepanjang sejarah.

Kesimpulan

Sungguh mengejutkan betapa mudahnya untuk mengubah sebuah foto sehingga maknanya terseleweng. Ingatlah untuk menggunakan teknik Berhenti, Bertanya, Sebutkan. Pencarian gambar terbalik juga dapat membantu menyelidiki kebenaran suatu foto atau gambar.

Dan, sebagai netizen yang bertanggung jawab, kita harus selalu Peduli Sebelum Berbagi!

Sumber Gambar:
Trisno Heriyanto. "Lomba dengan Foto Editan, Fotografer Singapura Diolok-olok". CNN Indonesia. 01/02/2016. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160201115143-185-108002/lomba-dengan-foto-editan-fotografer-singapura-diolok-olok