Terima kasih untuk mengunjungi literasimediasosial.id!

Tolong masukan nomor telepon anda untuk mendapatkan pulsa sebesar IDR 10,000

Mengevaluasi konten tertulis
Cek dulu sumbernya!

Mari kita bahas pentingnya menemukan asal usul berita dan penerbitnya. Ini hal yang sangat penting saat kita membaca suatu berita di media sosial seperti Whatsapp, Facebook, dan Twitter.

Dari mana pun sumber beritanya, hal pertama yang wajib dilakukan adalah bertanya kepada diri sendiri, "Apakah konten tersebut merupakan berita palsu atau asli?" Ini adalah langkah pertama sebelum menimbang, kemudian memercayakan kejujuran dan integritas beritanya.

Mari kita pelajari lebih dalam lagi.

kena-bully

Kadang, sumber berita terpercaya pun dapat dimanipulasi menjadi berita bohong. Dengan menggunakan teknik Berhenti, Bertanya, Sebutkan , emosi kita tidak akan terpicu, lalu kita dapat memeriksa headline beritanya di Google. Ternyata, cuplikan berita ini telah dimanipulasi.

Ketika suatu portal berita mengutip sumber lain, biasanya, kita dapat menemukan tautan referensi dari mana berita tersebut berasal serta penerbitnya dalam bagian “Source” atau “Pranala”. Artinya, artikel tersebut menggunakan informasi yang terdapat dalam sumber lain, dan penulis belum dapat memastikan kebenaran informasi tersebut. Membaca sumber berita orisinal adalah kebiasaan baik. Dengan demikian, kita dapat melihat langkah-langkah yang ditempuh penulis dalam menguji kebenaran informasi itu.

Jika suatu konten tidak memberikan tautan ke asal berita tersebut, maka kita dapat menggunakan Google untuk menelusuri dan memastikan kebenarannya.

Menemukan sumber berita asli merupakan tindakan pencegahan hoax yang sangat penting, karena sering kali, laporan yang dianggap terbaru justru menyimpang. Menemukan asal usul berita, kerap sangat mudah dan cepat. Oleh sebab itu, ini merupakan hal utama yang perlu dilakukan sebelum menarik kesimpulan mengenai suatu isu di media sosial.

Sumber gambar:
cekfakta.com, “[SALAH] 'Masak Saya Dibilang 'Ikan Buntal''” 29/05/2019. https://cekfakta.com/focus/2731