Terima kasih untuk mengunjungi literasimediasosial.id!

Tolong masukan nomor telepon anda untuk mendapatkan pulsa sebesar IDR 10,000

Apa artinya misinformasi?

Apa itu hoax?
Dalam bab ini, mari kita coba untuk lebih memahami hoax. Dengan menyelesaikan beberapa latihan ini, anda akan:

  • - Lebih mengali berbagai jenis hoax yang kadang disebut sebagai “misinformasi” atau “disinformasi.”
  • - Memahami mengapa anda memegang peranan penting dalam menghentikan penyebaran misinformasi dan disinformasi. Kami akan menjelaskan konsep “Peduli Sebelum Berbagi.”
  • - Berlatih untuk mengenali beberapa jenis hoax atau berita palsu.

Pernahkah anda melihat hoax atau berita palsu yang sulit dibedakan dari berita asli di media online? Jangan khawatir! Ada banyak hal yang anda dapat lakukan untuk menghentikan penyebaran hoax. Simak penjelasan berikut ini.

PEDULI SEBELUM BERBAGI. Sebelum menyebarkan sesuatu online, tanyakan pada diri anda, “apakah isi berita ini asli atau hoax?” Jika anda merasa artikel itu kemungkinan palsu, maka sebaiknya jangan disebarkan sama sekali.
Ikutilah langkah-langkah berikut untuk melatih sikap peduli anda dalam jaringan:
1. Ungkapkan Emosi Anda!
2. Tanggung jawab - mengakui bahwa ada hal yang anda tidak ketahui.
3. Luangkan sedikit waktu untuk memeriksa kebenarannya! Ambilah langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan kebenaran suatu informasi.
4. Jika anda masih merasa kurang yakin mengenai suatu konten, maka sebaiknya jangan disebarkan.

Mari kita lihat beberapa contoh disinformasi atau hoax. Sambil melihat gambar di bawah ini, ikutilah langkah-langkah Peduli Sebelum Berbagi yang telah disebutkan sebelumnya.

bane

Gambar di atas merupakan Setya Novanto sebagai tokoh antagonis Bane yang sedang beristirahat setelah kecelakaanya. Gambar berikut tentu saja diedit.

jokowi_communist

Gambar di atas menandakan bahwa Jokowi hadir dalam rapat komunis, seolah-olah beliau adalah seorang komunis rahasia. Namun, gambar berikut diambil pada tahun 1955, dan beliau belum lahir pada tahun tersebut. Maka itu, beliau tidak mungkin hadir dalam rapat tersebut. Gambar beliau telah diedit ke dalam fotonya.

Setelah menyimak gambar-gambar di atas, apakah anda merasa lebih condong untuk membagikannya ke teman-teman di media sosial?

Mengapa Seseorang Membuat Berita Bohong?

Terkadang, seseorang membuat berita hoax karena bermaksud politik.
Contohnya, seseorang membuat cerita palsu untuk menjatuhkan reputasi kandidat lawan.
Pada umumnya, motivasinya ialah uang atau harta. Banyak oknum-oknum yang menciptakan konten untuk mendapatkan akses atau klik ke tautan post sebanyak-banyaknya agar memperoleh lebih banyak uang dari sponsor.
Untuk menghentikan penyebaran berita palsu, jangan mudah terpancing oleh umpannya. Jika anda merasa bahwa berita yang disebarkan ke anda tidak benar, maka jangan klik tautan tersebut!
Terdapat tujuh (7) jenis hoax (misinformasi dan disinformasi):
Pelajarilah infografis berikut. Bisakah anda memberi contoh dalam setiap kategori berikut?

Misinformation

Kesimpulan
Sebagai netizen, kita harus memerhatikan dan peduli akan informasi-informasi yang kita sebarkan. Kemampuan untuk mengenali informasi yang mungkin salah atau manipulatif merupakan bentuk literasi media yang sangat berharga. Kemampuan tersebut akan membantu anda menghindari skema berita palsu. Mari kita selalu ingat untuk menerapkan teknik Peduli Sebelum Berbagi beserta langkah-langkahnya!

Sumber gambar:
L. S. Hapsoro, “Beyond the 'lulz': audience engagement with political memes in the case of Indonesia,” 2018.
Coconuts Jakarta. “Hoax photo alleging Jokowi attended speech of PKI leader spreads on social media, Jokowi:’I wasn’t even born in 1955.’”. 18/10/2017. https://coconuts.co/jakarta/news/hoax-photo-alleging-jokowi-attended-speech-pki-leader-spreads-social-media-jokowi-wasnt-even-born-1955/
Smart News, "7 jenis mis dan disinformasi," https://www.smartnews.web.id/p/7-jenis-mis-dan-disinformasi.html